Popular Post

Posted by : Unknown Rabu, 05 Februari 2014


Pengertian Otaku

 

Uwwooohh... ini artikel pertama saya \=w=/,jadi mohon maaf kalo ada kesalahan#curhat

“Otaku” mungkin kata tersebut sudah tidak asing lagi di Indonesia. Di Indonesia sendiri banyak sekali organisasi organisasi Otaku, tapi beberapa dari mereka ketika ditanya “Apa itu Otaku?” mereka akan menjawab Otaku itu adalah orang orang yang menyukai anime, manga, dorama, J-music, ataupun J-culture lainnya, padahal menyukai anime, manga, dorama, J-music, ataupun J-culture lainnya belum layak disebut otaku, karena memang banyak orang yang suka anime manga tapi dia bukan otaku. Sekedar menykai anime dan munga bukan berarti otaku. Banyak yang mengklaim dirinya otaku tanpa tahu apa itu otaku. Sebenarnya Otaku bukan lah orang yang sekedar menyukai anime dan manga begitu saja. Lalu apa itu Otaku? Berikut penjelasannya...

 Otaku adalah istilah dari bahasa Jepang yang digunakan untuk mengacu kepada orang-orang yang memiliki minat yang obsesif,biasanya dalam hal anime,manga dan video games.
Dalam bahasa aslinya Otaku  merupakan sebuah istilah yang diambil dari bahasa Jepang yang merujuk pada sebuah rumah atau keluarga orang lain … *
/御宅(Dari sudut pandang orang kedua).Istilah Otaku kemungkinan besar berasal dari percakapan antara penggemar anime yang selalu menyapa lawan bicaranya dengan sebutan otaku yang merupakan bentuk paling sopan untuk kata ganti orang ke dua dalam bahasa Jepang baku,atau dalam bahasa Indonesia disebut 'anda'.
Dan dengan berlalunya waktu,arti dari kata ini bergeser kepada pengertian di atas.

            Kalau menurut persepsi orang Inggris,otaku itu mengandung makna 'freak' atau 'geek'.yang berarti ‘maniak’.Tapi menurut orang Jepang,otaku itu orang penyendiri yang aneh dan jarang keluar rumah karena hobinya itu.Dan sekarang otaku bisa diartikan sebagai 'orang yang tergila-gila pada suatu tema,topik,atau hobi tertentu.
Dengan kata lain,arti dari otaku itu sebetulnya sangat luas penggunaannya,



Otaku juga dapat diartikan secara negatif maupun positif,yaitu :
*O
taku secara negatif
digunakan untuk penggemar fanatik suatu subkultur yang letak bagusnya tidak dimengerti secara umum,atau orang yang kurang mampu berkomunikasi dan sering tak mau bergaul dengan orang lain.

*Otaku secara positif
digunakan untuk menyebut orang yang sangat mendalami suatu bidang hingga mendetail,dibarengi tingkat pengetahuan yang sangat tinggi hingga men
capai tingkat pakar dalam bidang tersebut.

Kesimpulannya, Orang dikatakan otaku jika orang itu menjadi sangat maniak dan menitik beratkan terhadap hobinya dan selalu update untuk mengumpulkan data mengenai apa hobi/minatnya dan mencari info-info terbaru mengenai hal yang ditekuninya, seperti Tekhnologi, Anime, Dorama, Manga, Music, Dll. Mengoleksi setiap hal yang berhubungan dengan hal yang ditekuninya tersebut dengan sangat teramat lengkap, seperti membeli miniaturnya, dll. Jadi, Otaku bukan lah orang yang suka akan anime dan manga saja, melainkan orang yang suka dan maniak terhadap satu hal yang sangat disukainya dan ditekuninya dengan tak terkendali. Biasanya otaku dibantu dengan alat-alat canggih yang mendukung hobinya, dan suka menghabiskan uang untuk mendapatkan hal-hal yang mendukung hobinya tersebut. Sehingga beberapa dari mereka lebih sibuk dalam dunia mereka sendiri tanpa memperhaikan dunia luar.

Sekian artikel dari sayaa,mohon maaf jika ada kesalahan =w=/

{ 5 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Ayuzawa Rifucchi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -